Sekolah Di Belanda

northernnetherland02-windmill1

Sering dari kita semua seperti saudara atau teman mencari informasi syaratnya untuk bisa sekolah di Belanda. Berikut ini ada beberapa informasi untuk teman-teman yang mau menjadi student dan yang berminat melanjutkan study mereka di Belanda. ini dibuat dalam bentuk tanya (T) – jawab (J):

T: Sekolah apa yang bagus di Belanda?

J: Semua sekolah bagus di belanda. karena disini tidak semua orang boleh/bisa bikin sekolah/universitas. standaardnya ketat sekali. jadi kalau soal kualitas, bagus atau tidaknya, semua sekolah atau universitas di sini standaardnya memang bagus. sekarang tinggal di balikin lagi pertanyaannya, anda mau sekolah apa? sama seperti di Indonesia, sekolah2 disini memiliki keunggulan2 masing2. Misalnya untuk jurusan economi, lebih baiknya bersekolah di Erasmus Universiteit. Lalu untuk jurusan hukum, lebih baiknya bersekolah di Universiteit Utrecht atau Leiden.

T: Syaratnya apa aja untuk bisa bersekolah di Belanda?

J: Syaratnya secara umum: harus memiliki visa student/ijin tinggal untuk studi. Untuk bisa mendapatkan visa ini, kamu harus memenuhi syarat sebagai berikut: bisa memperlihatkan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk bisa dipakai hidup selama minimal setahun, kantor imigrasi biasanya akan meminta garantie bank; bisa memperlihatkan bahwa kamu sudah terdaftar di salah satu universitas di Belanda; bisa memperlihatkan bahwa kamu memiliki asuransi kesehatan yang akan menjamin kamu selama di Belanda.

T: Berapa biaya hidup per bulannya untuk student di Belanda?

J: Kira-kira sekitar 700 euro. Dengan perincian sebagai berikut: rumah 300 euro, asuransi kesehatan 80 euro, transport 100 euro, sisanya untuk biaya makan/minum. Jelas perincian ini tidak sama untuk setiap student. Ada yang bisa hidup dengan 500 euro sebulan misalnya, dengan tinggal di apartemen berbagi dengan student lain, dengan kamar kecil. Atau untuk transport di pilih yang gratis seperti naik sepeda, bus atau jalan kaki (pilih tempat tinggal dekat universitas). Biaya yang di sebutkan diatas belum termasuk biaya untuk beli buku, yang disini harganya tidaklah murah.

T: Berapa kira2 biaya kuliah di Belanda, uang kuliah dan buku2?

J: Uang kuliah untuk tahun ajaran 2007 – 2008: € 1538,-. Untuk uang buku dan diktat, perkiraan per tahunnya antara € 300,- s/d € 500,-. Biaya ini biaya rata-rata. Untuk study seperti graphics design, biaya bisa lebih tinggi, karena untuk mengerjakan tugas selama study biasanya akan membutuhkan biaya banyak di dalam pengadaan materialnya.

T: Kita harus bisa bahasa Belanda nggak, kalau mau study di sana?

J: Tergantung study kamu. Kalau bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Belajar bahasa Belanda tidak di haruskan. Tapi untuk study yang bahasa pengantarnya Belanda, kamu musti harus belajar bahasa Belanda. Untuk belajar bahasa Belanda, sebagai student asing kita di berikan waktu 1 tahun. Dalam 1 tahun itu kita harus lulus ujian negara bahasa Belanda, namanya: NT2 Staatsexamen Deel II (Nederlands als Tweede Taal Staatsexamen Deel II). Dengan diploma NT2 Deel II tersebut, barulah kita di ijinkan untuk mengikuti perkuliahan di universitas-universitas di Belanda, dengan bahasa pengantar Belanda. Kalo misalnya dalam setahun itu kita tidak lulus NT2 ini, otomatis kita tidak bisa ikut perkuliahan, dan kita juga tidak dapat perpanjangan visa, alias musti pulang. Tips dari saya: kalo ijin tinggal kamu sudah akan habis trus kamu tidak yakin kamu lulus atau tidak  NT2, lebih baik langsung cari sekolah yang mengunakan  bahasa Inggris sebagai alternatif daripada pulang. Prinsipnya pihak imigrasi belanda memberi kita perpanjangan ijin tinggal kalo kita sekolah.

T: Apa keuntungannya sekolah di Belanda di banding dengan misalnya Amerika atau Australia?

J: Belanda termasuk negara yang paling makmur dan maju di Eropa. Kualitas pendidikannya juga baik. Semua sekolah bagus disini. Tidak seperti di Amerika atau Australia, sekolah kualitasnya bisa bagus atau jelek, karena standardnya disana berbeda dengan di Belanda. Selain itu yang paling penting, sekolah di Belanda murah bila di bandingkan di dua negara tadi.

T: Kalau student di Belanda tu boleh kerja ga sih?

J: Student di perbolehkan kerja hanya 10 jam atau full time selama liburan panjang (summer). Untuk boleh kerja kita di haruskan memiliki ijin kerja yang di keluarkan oleh dinas pekerja. Biasanya surat ini akan diurus oleh orang yang akan menerima kita sebagai pekerja. Ini kalau jalan resminya. Kalau yang tidak resmi namanya kerja gelap (illegal). Tips dari saya, lebih baik jangan kerja gelap. Selain bayarannya biasanya lebih rendah daripada kerja legal, juga tidak aman buat kamu dan perusahaan kamu. Bila ketahuan saat pemeriksaan (inspeksi), bisa di kenakan denda (perusahaannya sih yang kena denda). Students biasanya di sini kerja di restaurant, di toko atau menjadi pengatar koran. Itu kerjaan yang standard atau umum dan mudah di dapati nya.

T: Kalau biaya kuliah untuk program master apakah juga semurah untuk program bachelor?

J: Tergantung sekolahnya. Kalau di universitas-universitas biasa, uang kuliah sama untuk semua program. Tapi disini ada juga sekolah HBO (Hoger Beroeps Onderwijs), untuk lebih jelasnya apa ini nanti saya uraikan kemudian, yang sebenarnya hanya menyediakan program bachelor. Beberapa HBO juga menyediakan program master, tetapi program master ini tidak di subsidi pemerintah, dimana student yang akan mengambil program master disini, di kenakan biaya yang lebih mahal di banding di universitas pemerintah. Biayanya untuk program master di HBO, lebih kurang 10.000 euro.

T: Ada tips tambahan/ lain?

J: Kalau berminat sekolah di Belanda (dengan bahasa pengantar Belanda), lebih baik setahun sebelumnya belajar dulu bahasa Belanda di Indonesia. Sehingga sesampainya disini tidak butuh penyesuaian banyak. Trus kalo soal bahasa lagi, sesampainya disini perbanyaklah teman orang Belanda (jangan nyari orang Indonesia lagi, yang disini banyak bertaburan di mana alias Indonesia kecil), karena dari mereka kita juga bisa memperbaiki kemampuan bahasa Belanda kita, dan juga belajar cultuur mereka.

Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan. mudah-mudahan ini dapat menjadi masukan yang berguna untuk teman-teman yang ingin sekolah atau mengambil Master di Belanda.

Alfian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: